info!!

Rabu, 17 Desember 2008

Pernah nggak qm berpikir kalau kosmetik yang biasa qm pakai bisa bahaya bwt kesehatan?? Kalau jawaban qm enggak, skaranglah saatnya untuk berpikir. Coba deh qm lihat dan perhatikan baik-baik kandungan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik qm. Ada nggak yang disitu tertulis ”merkuri”? Tapi, kalaupun nggak ada belum berarti aman lho! Udah tahu lom merkuri tu apa? Bwt yang belum tahu, ini bisa memberi qm sedikit gambaran ttg apa itu merkuri.

Merkuri (Hg) atau raksa adalah logam berat berwarna putih keperakan yang mencair pada suhu kamar.

Ada 3 macam bentuk merkuri yaitu :
Unsur asli merkuri (Uap Hg)

Garam merkuri (Garam Hg)

Merkuri Organik (Hg Organik)

Unsur asli merkuri
Merkuri mencair dan mengeluarkan uap pada suhu kamar. Uap tersebut bisa masuk ke paru-paru dan diteruskan ke aliran darah bila terhirup. Uap juga bisa masuk melalui kulit. Jika tertelan tidak akan diserap dalam perut tetapi menjadi kotoran tubuh. Unsur Hg biasanya digunakan di laboratorium penelitian.

Garam merkuri
Garam merkuri bisa terhirup dan terserap melalui paru-paru dan kulit. Garam Hg pernah digunakan sebagai obat cacing (HgCl2), bahkan sekarang masih digunakan dalam sejumlah krim kulit sebagai antiseptik. Selain itu garam Hg juga digunakan dalam industri elektronik, pembuatan plastik, fungisida, germisida, formula algam untuk tambal gigi.

Merkuri Organik
Salah satu senyawa Hg organik yang paling berbahaya adalah metil merkuri. Senyawa ini pernah digunakan sebagai fungisida tanaman. Di Irak, keracunan pada manusia karena mengkonsumsi roti dari bahan biji gandum bermerkuri mengakibatkan 6530 orang dirawat di rumas sakit dan 500 orang meninggal. Di Jepang, penyakit Minamata juga disebabkan oleh metil merkuri. Minamata adalah sebuah kota kecil di Jepang tempat sebuah pabrik kimia membuang limbahnya langsung ke Teluk Minamata. Pabrik kimia tersebut menggunakan merkuri anorganik sebagai katalisator, dan sebagian telah dimetilasi sebelum disalurkan ke teluk tersebut. Selanjutnya mikroorganisme mengubah merkuri anorganik menjadi metilmerkuri yang kemudian diserap oleh plankton algae dan selanjutnya terakumulasi dalam ikan lewat rantai makanan. Penduduk Minamata yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah besar menjadi korbannya. Dilaporkan 121 orang mengalami keracunan dan 46 orang meninggal.

Gimana hayooo…….. masih mau cuek soal merkuri? It’s up to you. But bwt qm yang ngrasa kalau masalah ini penting, bisa lebih hati-hati lagi dalam memilih kosmetik. Bisa jadi kosmetik yang qm beli justru bikin wajah dan kulit qm rusak. So, be carefull!




1 komentar:

Noteworthy Insight mengatakan...

bagus banget nich artikel...
q jdi tambah pinter...

Posting Komentar